Wednesday, December 30, 2009

Single parent



Tak asing bagi telinga kita untuk mendengar kata single parent atau lebih ngetrend jawanya seorang janda. lalu sebenarnya apa sih arti single parent itu dan kenapa saya mengambil tema single parent. tentu ada alasannya wlopun mungkin tulisan ini gak sempurna tapi sebisa mungkin aku ingin bersharing dengan temen2 semua dan kritik sarannya.
sebelum kita bahas, apakah sebenarnya arti single parent itu??
Single-parent (also lone parent and sole parent) is a parent who cares for one or more children without the assistance of another parent in the home. "Single parenthood" may vary according to the local laws of different nations or regions.orang yang melakukan tugas sebagai orang tua (ayah dan ibu) seorang diri, karena kehilangan/ terpisah dengan pasangannya(wikipedia). tentunya ada berbagai alasan kenapa mereka sampai terpisah dengan pasangannya....ok, ada beberapa alasan yang menurutku bisa aku petik untuk cerita ini.
  1. Tinggal terpisah karena pasangaanya bekerja/belajar diluar kota.
  2. Karena Kematian
  3. karena Perceraian
 ketiga tiga alasan untuk menjadi seorang single parent sebenarnya sangatlah tidak diharapkan bahkan sangat berat untuk dijalankan,kalimat inilah yang aku kutip dari seorang temen saat statusnya dalam keadaan on. kehadiran seorang anak membuat kehidupan single parent semakin sulit.bagaimana tidak, berjuang dalam keadaan sendirian membuatnya terombang ambing apalagi untuk seorang wanita yang berkedudukan seperti itu.dari ketiga alasan diatas alasan yang terakhir (karena perceraian) ini memiliki masalah yang lebih serius, dari salah satu sumber komunitas SP mengatakan ada 6 masalah yang sering muncul untuk alsan yang ketiga
  • Masalah emosional
  • Masalah hukum (hak asuh, dll)
  • Menjalin hubungan baik dengan mantan suami/istri
  • Menghadapi anak
  • Masalah dengan lingkungan
  • Masalah keuangan
Single parent karena perceraian sering kali ada konflik dengan mantan suami/istrinya,kebencian pada       seorang mantan akan mempengaruhi perkembangan mental seorang anak. seorang single parent selalu merasa dirinya sebagai super woman bagi anak nya sehingga apapun ditempuh untuk melindungi dan menjaga anaknya. Single parent yang mempunyai maslah dengan mantanya cencerung memendam rasa benci,tanpa memandang baik buruk dia akan cenderung untuk melakukan balas dendam kepada mantannya,dan kebanyakan anaklah yang menjadi sasaran dengan melibatkannya. beban untuk mengatur dan menjaga kebutuhan jasmani dan rohaninya yang selalu jadi masalah kontroversial dalam pandangan masyarakat,karir yang cemerlang,kedudukan dalam masyarakat seolah hanya sedikit menjadi pagar penghambat.tidak sedikit single parent terjebak dengan situasi-situasi yang memungkinkan dia untuk mndapatkan kebutuhan sehingga menimbulkan polemik dalam masyarakat.
maka dari itu dukungan dan ajakan yang positif tentunya akan lebih meringankan beban dan menguatkan hatinya. Tidak sedikit dalam masyarakat berpandangan sebelah mata dengan adanya status seperti itu,sipapun tentunya tidak akan menginginkan status itu. Tidak menutup kemungkinan status ini akan terus bertambah dan menjadi polemik dalam pandangan masyarakat sekitar..



No comments:

Post a Comment